Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
- Keuntungan VoIP :
- * Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
- * Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
- * Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat kecil. Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
- * Memungkinkan digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa.
- * Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang besar. Contoh di Indonesia adalah VoIP Rakyat.
- * Variasi penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset.
- Kelemahan VoIP :
- * Kualitas suara tidak sejernih jaringan PSTN. Merupakan efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan PSTN konvensional. Namun jika koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar / broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
- * Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
- * Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
- * Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet perlu janji untuk saling berhubungan.
- * Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan
- * Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
- * Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
- * Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
- * Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran
Cara Install dan Konfigurasi VoIP Server menggunakan aplikasi Asterisk (baca juga : Pengertian Asterisk) pada Debian 8 :
- Install Asterisk. "apt-get install asterisk".
- Tekan 'y' --> 'y'.
- Kemudian masuk di konfigurasi /etc/asterisk/sip.conf. "nano /etc/asterisk/sip.conf".
- Pada bagian paling bawah tambahkan konfigurasi seperti gambar di bawah ini.
Ket : [1921685058] > bisa diganti. secret juga bisa diganti.
- Jika sudah keluar dan simpan.
- Kemudian masuk di konfigurasi /etc/asterisk/extensions.conf. "nano /etc/asterisk/extensions.conf".
- Pada bagian paling bawah tambahkan konfigurasi di bawah ini.
Ket : sesuaikan dengan konfigurasi yang ada di sip.conf.
- Lalu restart asterisk. "/etc/init.d/asterisk restart".
Installasi Zoiper :
- Siapkan 2 PC Client. Install Zoiper pada kedua PC client tersebut. Pertama buka maste aplikasi dari Zoiper.
- Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik "forward".
- Centang "I accept the agreement".
- Klik "forward".
- Biarkan instalasi direkktori default. Langsung klik "forward".
- Klik "forward".
- Tunggu beberapa saat.
- Klik "Finish".
Testing VoIP Server :
- Buka Zoiper yang telah terinstall pada client pertama.
- Pilih menu "Setting" > "Preference" (atau dengan Ctrl+P). Klik "Create Account".
- Centang "SIP", tekan "Next".
- Masukkan user sama seperti yang telah terdaftar pada server tadi dengan menambahkan @'ipserver' (misal : 1921685058@192.168.100.2). Klik "Next".
- Tekan "Next".
- Klik "Close".
- Jika berhasil maka status pada account akan tertulis "Registered".
- Lakukan hal yang sama dengan PC client 2. Dalam hal ini client 2 menggunakan nama VoIP "1921685060".
- Pada client 1 tuliskan nama VoIP client 2 pada bar search, lalu tekan "call".
- Kemudian pada client 2 akan ada panggilan masuk seperti gambar si bawah, tekan "answer".
- Lalu kedia client sudah bisa saling berkomunikasi.